Multicursor - Busy
Multicursor - Busy

UANG.........

Selasa, 18 Desember 2012

Setiap orang pada dasarnya menginginkan kesuksesan finansial dalam hidupnya, namun hanya sedikit saja yang berhasil meraihnya. Mengapa?. Jawaban atas pertanyaan ini akan diungkap pada artikel tentang "Tips hidup hemat" dan "Tips berhemat" pada kesempatan kali ini.
Sebelum anda memulai hidup hemat, maka anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hidup hemat. Jika anda menilai bahwa hidup hemat = pelit dan sangat bertentangan dengan karakter serta kepribadian anda, maka anda keliru karena sesungguhnya definisi hemat atau pengertian hidup hemat adalah proses efisiensi konsumsi di saat sekarang untuk dapat mengkonsumsi lebih banyak di masa depan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan hidup boros yang memiliki pengertian mengkonsumsi lebih banyak di saat sekarang dengan mengambil kemampuan konsumsi dimasa mendatang.
Mengutip dari kata-kata bijak Robert T Kiyosaki yang juga seorang motivator dan pakar finansial terkenal yang pernah menerbitkan banyak buku-buku best seller diantaranya Rich Dad Poor Dad, Rich Dad's CASHFLOW Quadrant. "Setiap kali anda berhutang uang kepada seseorang, maka anda akan menjadi pegawai dari uang mereka" yang bila diartikan bahwa kehidupan finansial yang baik akan lebih mudah diwujudkan jika anda tak berhutang atau menghutangi seseorang. Jika kalimat diatas terdengar klise dan mungkin terlalu universal bagi anda, maka mulai kini anda bisa mempraktekkannya di mulai dari hal-hal yang kecil dan mudah dahulu dalam menghemat uang anda, hal-hal apa sajakah itu?. Berikut adalah Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif:
 1. Catat dan bukukan semua uang pemasukan dan pengeluaran anda.
 2. Simpan kartu ATM dan Kartu Kredit yang anda miliki.
 3. Rubah pola hidup konsumtif, gengsi dan hobi mahal yang memakan biaya.
 4. Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan. 
5. Bawa makanan dari rumah saat bekerja.
 6. Temukan hal-hal lain yang memakan biaya kemudian alokasikan ke tabungan anda.
 Demikianlah beberapa Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif yang bisa anda lakukan. Jangan lupa untuk tidak hanya menerapkannya pada anda saja, akan tetapi akan lebih baik lagi jika anda juga bisa menerapkannya kepada keluarga anda. Selalu percaya bahwa untuk berkeliling dunia pun harus dimulai dengan satu langkah kecil. Jadi jangan pernah remehkan hal-hal yang kecil karena siapa tau justru karena hal-hal kecil yang anda lakukan bisa membawa anda kepada kesuksesan yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar